Kamis, 23 Januari 2014

Tips menghadapi ujian


Berdaarkan pengalaman saya selaku mahasiswa yang kurang lebihnya 2 tahun berkecimpung di dunia kampyus, Ujian bukan hal asing lagi bagi saya baik itu ujian tengah semester (UTS) taupun ujian akhir semester (UAS). Saat ujian biasanya mahasiswa pusing dengan fotokopian materi kuliah. Berikut beberapa tips sukses menghadapi Ujian Akhir Semester :
1. Baca ulang materi kuliah secara rutin.
Membaca ulang materi kuliah secara rutin akan membuat materi-materi yang sudah dibaca tersebut mengendap di memori jangka panjang kita.
2. Membuat ringkasan materi kuliah.
Materi kuliah yang begitu banyak, sebaiknya diringkas supaya kita lebih mudah dalambelajar

3. Hubungkan materi tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
Menghubungkan materi kuliah dengan kehidupan sehari-hari akan sangat membantu otak kita memasukkan materi tersebut ke dalam memori jangka panjang. Dengan banyaknya hubungan-hubungan tersebut, maka hubungan-hubungan antar syaraf juga akan lebih kuat, harapannya pun materi tersebut dapat kita ingat dengan kuat.

4. Meluangkan waktu lebih banyak untuk belajar.
Semua pelajaran harus dipelajari jauh-jauh hari. Agar saat akan menghadapi ulangan semua persiapan telah matang. dan harusmempunyai semangat belajar yang tinggi.

5. Jaga kesehatan.
Kadang beberapa hari menghadapi ujian, saking semangatnya belajar kita malah jadi sering begadang. Sebanyak apapun materi ujian, sempetin istirahat. Jangan sampai pas ujian malah sakit gara-gara kebanyakan begadang. (belajar sistem kebut semalamanmaksudnya.

5. Berdoa.
Berdoalah agar menjadi orang yang beruntung. Moga-moga aja soal ujian yang keluar adalah materi-materi yang sudah kita baca dan kita pahami.
Ini adalah sebagian dari berbagai cara yang dapat diterapkan untuk menghadapi ujian.

Semoga cara ini dapat membantu...

0 komentar: