Minggu, 20 Juli 2014

Klasifikasi iklim dan klim di Indonesia


Di Indonesia terdapat tiga jenis iklim yang mempengaruhi iklim di Indonesia, yaitu:
1.      Iklim Musim (Iklim Muson): iklim yang sangat di pengaruhi oleh angin musiman yang berubah-ubah tiap priode tertentu (6 bulan).Iklim musim terdiri dari 2 jenis, yaitu Angin musim barat daya (Muson Barat) dan Angin musim timur laut (Muson Tumur).
2.      Iklim Tropis/Tropika (Iklim Panas): iklim yang terjadi pada wilayah yang berada di sekitar garis khatulistiwa yang bersifat panas dan hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
3.      Iklim Laut: Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah laut mengakibatkan penguapan air laut menjadi udara yang lembab dan curah hujan yang tinggi.
Akan tetapi secara umum iklm di bumi secara umum di Klasifikasi menjadi
A.Iklim Matahari: Pembagian iklim matahari didasarkan pada banyak sedikitnya sinar matahari/berdasarkan letak dan kedudukan matahari terhadap permukaan bumi.
B.Iklim Fisis: iklim berdasarkan pengaruh lingkungan alam yang terdapat di bumi.
C.Iklim Junghuhn: berdasarkan ketinggian tempat (penelitiann F. Junghuhn di Sumatra Selatan dan Dataran Tinggi Bandung).
D.Iklim Koppen: Pada tahun 1918 Dr Wladimir Koppen (ahli ilmu iklim dari Jerman) membuat klasifikasi iklim seluruh dunia berdasarkan suhu dan kelembaban udara.
E. Iklim Thornthwaite: C.W.Thornthwaite (1993) membuat klasifikasi iklim berdasarkan pada curah hujan yang sangat penting untuk tanaman.
F. Iklim Mohr: Berdasarkan penelitian tanah,Mohr membagi tiga derajat kelembapan dari bulan-bulan sepajang tahun
G.Iklim schimdt dan ferguson: Klasifikasi ini merupakan modifikasi atau perbaikan dari sistem klasifikasi Mohr.
 H.Iklim oldeman:   Klasifikasi iklim ini diarahkan kepada tanaman pangan seperti padi dan palawija. 

0 komentar: